Trovants, Fenomena Batu Yang Bisa Tumbuh Berkembang

By |Updated: November 8, 2016 8 Comments

Batu-batu ini disebut trovants, atau dikenal dengan Living Stones. Di sebelah Selatan dan Tengah Rumania ada beberapa batu yang sangat tidak biasa dan menakjubkan, yang mampu tumbuh, berpindah dari satu tempat ke tempat dan bahkan berkembang biak. Dari luar mereka terlihat tidak berbeda daripada batu biasa lainnya bentuk streamline atau bulat tanpa sudut tajam.

Wilayah terbesar dari trovants di Rumania adalah di wilayah Valcea. Karena minatnya yang besar terhadap turis di desa otoritas lokal Costesti, maka pada tahun 2006 dijadikan satu-satunya museum terbuka di Rumania, di mana koleksi terbesar trovants ditampilkan. Di sini dapat ditemukan batu hidup dari berbagai ukuran bentuk dan warna.

trovanty

Image: trovanty

Di sini, di sebuah desa kecil bernama Costesti, ada beberapa batu menarik dan misterius, yang disebut trovants, yang diyakini memiliki kehidupan di dalamnya. Trovant adalah istilah geologi yang sering digunakan di Rumania. Ini berarti pasir semen.

Trovants adalah fenomena geologi yang terdiri dalam bentuk bola pasir semen, muncul karena beberapa aktivitas seismik yang kuat.

Apa yang membuat ini trovants unik dan misterius adalah mereproduksi setelah datang kontak dengan air. Setelah hujan besar, batu mulai tumbuh secara signifikan meningkat dalam segi ukuran. Setiap trovant yang beratnya hanya beberapa kilogram, mungkin akhirnya tumbuh menjadi sebuah batu besar dengan berat beberapa ton.

trovans

Image: trovanty

Setelah hujan biasanya batu tumbuh dimulai dengan 6-8 milimeter dan berakhir dengan 6-10 meter. Batu yang masih berukuran kecil tumbuh besar dengan cepat.

Trovants terutama terdiri dari batu pasir. Menariknya lagi, jika memotong batu setengahnya, maka akan terlihat lingkaran usia seperti layaknya pohon. Namun, komposisi kimia trovants tidak ada hubungannya dengan tanaman. Ini adalah batu. Para ilmuwan mencoba untuk menjelaskan fenomena pertumbuhan mereka oleh tingginya kandungan garam mineral, yang merupakan bagian dari batu-batu ini. Ketika permukaan trovant ini basah, bahan kimia ini memperluas dan menempatkan tekanan pada bagian tertentu (pasir semen), membuat batu ini tumbuh.

Meskipun demikian, Trovants memiliki satu fitur yang belum dapat dijelaskan oleh ahli geologi. “Hidup”, batu tidak hanya berkembang, tapi juga mereproduksi diri dengan tunas. Proses kira-kira sebagai berikut, ketika batu menjadi basah tonjolan muncul di permukaan dan tumbuh seiring waktu, dan ketika itu cukup besar, kemudian terputus dari batuan induk.

trovans

Image: trovanty

Hal yang paling menakjubkan adalah bahwa batu baru memiliki struktur yang sama dengan batuan yang dimiliki induk. Para ilmuwan tidak dapat mengerti bagaimana sebenarnya batuan itumemiliki intinya masing-masing. Beberapa ahli bahkan menyarankan agar trovants menjadi bentuk kehidupan non-organik yang belum diketahui secara ilmu pengetahuan.

Beberapa trovants memiliki kemampuan fantastis untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, seperti (Sailing stones) batu terkenal di Death Valley, California, para trovants sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Penduduk setempat mengamati sifat-sifat yang tidak biasa trovants selama berabad-abad, sudah terbiasa untuk mereka dan bahkan tidak merasa aneh untuk fenomena ini, karena terbiasa. Trovants sekarang adalah salah satu fenomena unik di pusat Rumania. Batu yang hidup, hingga begitu banyak penduduk setempat membuat souvenir darinya dan kemudian menjual kepada turis yang datang berkunjung.

8 Komentar: Trovants, Fenomena Batu Yang Bisa Tumbuh Berkembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *