Fenomena Badai Petir Catatumbo di Venezuela

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Fenomena Petir Catatumbo atau lebih popular dengan sebutan The Catatumbo Lightning adalah sebuah fenomena atmosfer yang unik di Venezuela, Amerika Selatan. Petir ini terbentuk di daerah sekitar Sungai Catatumbo yang bermuara ke Danau Maracaibo, dikelilingi oleh pegunungan Andes dan Perija.

Fenomena unik meteorologi ini merupakan fitur petir paling konsisten dari setiap tempat yang ada di planet Bumi. Pertunjukan cahaya petir ini telah berlangsung selama berabad-abad di Venezuela. Kilatan cahaya menerangi langit menghasilkan segudang badai petir di atas Danau Maracaibo hampir sampai setengah tahun.

Sebagian menganggap Petir Catatumbo sebagai ibu kotanya badai listrik di dunia. Secara resmi Petir Catatumbo diakui Guinness World Records sebagai situs “The Highest Concentration of Lightning in The World” (Pemusatan Petir tertinggi di Dunia) pada awal 2014.

Pada bulan Januari 2010 pernah terjadi hal yang tidak biasa, Petir Catatumbo ini menghilang tidak terlihat lagi dan ada kegelapan malam hari yang tidak biasa di atas Danau Maracaibo.

Catatumbo Lightning

Image: petir catatumbo venezuela, Catatumbo Lightning by Cesar sanchez007, CC BY-SA / Wikimedia

Penelitian lebih dekat dilakukan dan mengungkapkan bahwa proses masih berlangsung, hanya tidak terlihat lagi secara langsung. Kemungkinan penyebabnya adalah kekeringan yang tidak biasa saat itu. Namun sambaran Petir Catatumbo muncul kembali setelah beberapa bulan kemudian pada April 2010.

Intensitas petir lebih sering muncul dari April-November, fenomena unik tersebut terjadi di malam hari pada ketinggian lebih dari 5 km, jumlah petir tercatat bervariasi rata-rata 18 – 60 per menit, jadi sekitar 3.600 kilatan per jam. Fenomena ini berlangsung selama sekitar 7 –  9 jam secara terus menerus, dimulai tak lama setelah senja dan kurang lebih selama 140 – 160 malam.

Secara ilmiah Fitur Petir Catatumbo terbentuk dari benturan angin gunung dan samudra diatas air yang lebih hangat. Pertemuan angin semacam ini membentuk badai petir. Kilatan petir yang sangat kuat di atas wilayah yang relatif kecil ini dianggap sebagai generator tunggal terbesar dari ozon troposfer yang ada di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *