Constantine: Kota Jembatan Di Wilayah Pegunungan Yang Indah

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Kota Jembatan (Constantine), Algeria atau Aljazair secara resminya adalah Republik Demokratis Rakyat Aljazair, merupakan sebuah negara di pesisir Laut Tengah, Afrika Utara. Wilayah yang kini bernama Aljazair pernah menjadi rumah bagi banyak kebudayaan prasejarah kuno, termasuk kebudayaan Ateria dan Kapsia.

Wilayah ini dikenali memiliki banyak imperium dan wangsa, termasuk Numidia Berber, Kartaginia, Romawi, Vandal, Bizantium, Umayyah Arab, Fatimiyah Berber, Muwahidun Berber, dan terakhir Turki Utsmani.

Kota Jembatan Constantine di Wilayah Pegunungan Indah

Di bagian utara-timur Aljazair terhampar Kota Constantine (Arab: Qusanṭinah, juga dieja Qasentina atau Kasantina) sebagai ibu kota Provinsi Constantine, terletak sekitar 80 kilometer (50 mil) dari pantai Mediterania, di tepi sungai Rhumel. Dianggap sebagai Kota Jembatan dan pusat wilayahnya, Constantine memiliki populasi yang cukup banyak menjadikannya kota terbesar ketiga di negara ini setelah kota Algiers dan Oran.

Jembatan Constantine

Image: Jembatan Constantine, Oleh Anna Stryjewska – Wikimedia CC-BY

Ada beberapa kota di Dunia ini yang mempunyai julukan “Kota Jembatan” dan salah satunya Constantine sering dijuluki sebagai “Kota Jembatan” karena banyaknya jembatan yang menghubungkan indahnya pegunungan dengan kota yang dibangun di atasnya.

Kota ini hampir benar-benar dikelilingi oleh tebing yang tinggi. Constantine terletak di dataran tinggi sekitar 640 meter di atas permukaan laut. Kota ini dibingkai oleh tebing/jurang yang dalam dan memiliki penampilan yang sangat dramatis. Kota ini sangat indah sebagai kota bersejarah dengan sejumlah jembatan di atas sungai Rhumel dan jembata lain yang melintasi jurang.

Jurang dilintasi empat jembatan yang tinggi, termasuk jembatan Sidi M’Cid. Bangunan melekat ke tepi tebing, dan sulit dibayangkan bagaimana dahulu harus mempunyai keberanian membangun jembatan di sana dan telah bertahan selama bertahun-tahun, serta orang-orang yang tinggal dan bekerja di sana.

Jembatan Constantine

Image: Jembatan Constantine, Oleh Philippe HENCKCC

Constantine adalah pusat dari daerah pertanian yang makmur dan beragam. Di wilayah pegunungan Aljazair, kota Constantine adalah tempat yang bagus untuk membangun, karena kota yang memiliki posisi strategis dalam segi pertahanan. Sejak ribuan tahun yang lalu Constantine telah dibangun di dataran tinggi dan meluas ke daerah sekitarnya.

Constantine memiliki sejarah panjang dan menarik, kembali ke waktu didirikan oleh Fenisia, yang menamakannya Sarim Batim, yang berarti “Royal City”. Posisi strategis kota ini telah membuatnya menjadi target yang dicari dengan berbagai kekuatan yang datang dan pergi selama sejarahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *