cara menginstall windows 7 dengan flashdisk tanpa cd di laptop dan komputer

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

By | Updated: Friday, May 26, 2017 179 Comments
Aura Ilmu » Windows » Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk
(average: 4.25 out of 5, 4 votes)
Loading...

Cara menginstall windows 7 dengan flashdisk. Instalasi ini berlaku pada laptop atau komputer berbagai merk dengan sistem operasi windows memakai USB flashdisk menggunakan wintoflash.

Cara install windows 7 pada laptop atau komputer dapat menggunakan media “CD/DVD” atau “flashdisk” untuk instalasi baru dari awal atau menginstal ulang windows 7, berlaku pada windows XP/7/8/8.1 setiap edisi termasuk basic, home, professional, ultimate, 32-bit, dan 64-bit. Dalam membantu dan memudahkan proses instalasi, perhatikan spesifikasi hardware minimum untuk install windows yang digunakan dan tipe processor 32-bit atau 64-bit.

Daftar Isi:

Persiapan Instalasi

Sebelum melakukan instalasi ini, kita harus memiliki flashdisk yang telah ditransfer windows, kemudian kita jadikan flashdisk tersebut “windows 7 flashdisk installer”, kemudian anda dapat menyimpan flashdisk tersebut sebagai windows ataupun diformat ulang pada keperluan lain di masa yang akan datang.

Untuk mentransfer Windows XP/7/8/8.1 ke USB flashdisk:

  • Siapkan flashdisk. Minimal 4 Gb untuk Windows 7/8 dan 2 Gb untuk Windows XP.
  • Siapkan Sumber Windows 7. Bisa dari kepingan DVD atau ISO file yang tersimpan di Hard Disk.
  • Siapkan Software Wintoflash. Diperlukan untuk mentransfer CD Windows XP atau DVD Windows 7/8/8.1 ke flashdisk.
  • Download Software Wintoflash. Disini saya menggunakan versi 0.7.0054, Pilih Latest Version dan Perhatikan Versinya, karena versi sebelumnya berbeda. Jika masuk ke website resmi wintoflash, cari download, kemudian cari All Version Di bawahnya, kemudian download versi terbaru paling kiri atas, warna hijau biasanya atau bisa download langsung di link alternatif 1.

Video Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

Berikut adalah video untuk install windows 7 dengan flashdisk (5 menit), berlaku untuk 32-bit atau 64-bit, tetapi secara umum dapat dijadikan panduan untuk edisi yang lain, karena prosesnya hampir sama hanya sedikit berbeda pada tampilannya.

Video Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

Cara ini sudah berulangkali saya coba sendiri ke berbagai macam Hard disk baik Komputer, Laptop, Netbook, dan 100% sukses, sistem operasi windows 7 tersebut berhasil di install dengan sempurna, tanpa ada masalah.

Langkah-langkah Menginstall Windows 7 dari Flashdisk

Untuk menginstal windows 7 dengan flashdisk tanpa CD di laptop dan komputer:

1. Extract Software. Setelah Persiapan dan Download progam selesai, Kemudian klik kanan “Extract” menggunakan Winrar dan Jalankan Wintoflash. Belum Tau WinRar Klik Di sini.

2. Transfer Windows 7 ke Flashdisk. Saat Pertama kali dijalankan, Ada konfirmasi Persetujuan, “I Accept” kemudian Next dan Next sampai muncul tampilan “Windows Setup Transfer Wizard” pada langkah 3.

3. Pilih Advanced Mode. Windows Setup Transfer Wizard, Pilih Tab Advanced Mode.

wintoflash setup

Image: Windows setup wizard

  • Kemudian untuk Windows 7 Pilih Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB drive, Kemudian klik Create. (Untuk Windows XP Pilih Transfer Windows XP/2003 setup to USB drive).
transfer setup

Image: pengaturan transfer windows 7 ke flashdisk

4. Pilih Drive Sumber Windows. Biasanya kepingan CD/DVD Windows atau ISO file, khusus untuk file berbentuk ISO pake wintoflash versi terbaru dan drive flashdisk yang akan ditransfer.

sumber windows

Image: Sumber windows dari CD/DVD atau file ISO

  • Seperti gambar diatas Posisi DVD Windows 7 bisa di drive mana saja, biasanya drive E, kebetulan punya saya di drive H.
  • Seperti gambar dibawah, disini Posisi Flashdisk bisa di drive mana saja, kebetulan punya saya di drive I.
target flashdisk

Image: atur target windows 7 ke flashdisk

5. Klik Run. Tunggulah beberapa menit sampai proses transfer selesai, biasanya sekitar 5-15 menit, tergantung kecepatan komputernya. Jika telah selesai di exit saja, dan Flashdisk sudah terinstal Windows dan dapat digunakan.

run transfer

Image: jalankan transfer windows

6. Masukan Flashdisk. Pasanglah flashdisk Ke Laptop/Netbook/Komputer sebelum dinyalakan.

insert flashdisk

Image: Masukan flashdisk ke komputer atau laptop

7. Nyalakan Laptop. Masuk ke “Setup Menu BIOS” dengan menekan F2 SAAT MENYALAKAN LAPTOP atau KOMPUTER (Pada beberapa merk lain, mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadang F10, kadang + tombol “fn”). Kalo belum tau caranya, lihat saja videonya.

turn on computer laptop

Image: mulai menyalakan komputer atau laptop

pc menu bios

Image: Masuk ke Menu BIOS

  • Catatan, Tampilan Menu Bermacam-macam tergantung Merk Laptop atau Komputer.

8. Atur Boot Pertama ke Flashdisk. Cari Tab Boot di Menu atas dan Pilih setting Boot Pertama ke USB Flashdisk – cara pengaturannya biasanya ada disebelah kanan Menu (biasanya dengan menekan “Page Up/Page Down” atau tombol +/-), kemudian Pilih Tab Exit dan Save (Yes), maka Laptop akan segera “Restart”. Kebetulan punya saya memakai USB Merk SanDisk Cruzer.

bios setup

Image: Pengaturan booting dari flashdisk pada menu bios

9. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Pada Langkah ini Instalasi Windows otomatis akan berjalan seperti biasa sebagaimana instalasi menggunakan DVD installer.

loading installation

Image: loading installation windows 7

10. Cabut Flashdisk sebelum Restart. Penting, Jika Instalasi Windows (Expanding Windows files) telah selesai, Kemudian akan Restart, dan pada saat itu Cabutlah Flashdisk untuk menghindari pengulangan Setup Windows 7, Kemudian Windows akan berjalan dengan sendirinya untuk Instalasi Lanjutan “Finalizing Installation”.

auto restart

Image: proses copy files, auto restart

  • Wajib Cabut Flashdisk setelah ini Restart Otomatis, cabut Flashdisk manual.
  • Catatan, Kecuali Untuk Windows XP saya belum mencobanya, mungkin flashdisk jangan dicabut dulu, dan setting booting pada langkah 8, dikembalikan lagi kesemula, jadi Hard Disk yang Pertama Boot.

11. Lanjutkan Proses Instalasi. Setelah Restart, Windows akan melanjutkan instalasinya (Finalizing Installation) secara otomatis.

12. Restart otomatis. Setelah Restart yang kedua kalinya, maka Anda akan menemukan bahwa Proses Instalasi Windows 7 Dengan Flashdisk telah Sukses.

13. Selesai. Selamat mudah-mudahan instalasi tersebut dapat berjalan lancar.

finish, windows 7 desktop welcome screen

Image: Instalasi windows 7 telah selesai

Setiap selesai instalasi windows 7 sebaiknya install juga driver windows seperti “Graphics driver”, “Audio Driver”, “Network Driver” yang berhubungan dengan “driver” sesuai merknya, biasanya ada CD/DVD tersendiri dikasih waktu membeli Laptop atau Komputer, kalo tidak ada harus “download”.

179 Komentar: Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

  1. Dwi

    Saya sudah berhasil buat bootablenya tetapi ketika sampai di bagian milih partisi tidak bisa dilanjutkan. di Klik Next tidak bisa. Ada tulisannya "we couldn't create a new partition". Bagaimana solusinya ya..

    Reply
  2. Javas

    Ni yang dicari2, makasih gan
    tadi nyoba sekali gagal liat tutor dari blog laen, sekarang mau nyoba cara diatas moga sukses

    Reply
  3. cadas

    bs gan…
    ada tu menu2nya ,,, entar tinggal format aja, atau kalau mau bisa juga belah2 partisinya gan….

    Reply
  4. Sofan Tengku

    hbis klik run kok ada tulisan gini

    Can't find file D:sourcesboot.wim
    Can't find file D:sourcesidwbinfo.txt
    Can't find file D:bootmgr
    Can't find folder D:boot
    Can't find file D:sourcesinstall.wim or file D:sourcesinstall.swm
    Total errors: 5
    tolong bantu gan =(

    Reply
  5. Anonim

    Mau Nanya Gan
    Itu Instal Win 7 lewat FD
    apakah bisa ngapus semua file?
    soalnya mau di kosongin semula kek awal
    TQ gan

    Reply
  6. Tatang Gunawan S

    di burn biasanya otomatis sdh termasuk system booting, kalo di extract system booting-nya belum aktif, jd belum cukup copy paste, harus ditransfer seperti pake wintoflash

    Reply
  7. Alpian Nor

    numpang nanya gan,… di Burn apakah sama artinya dengan di ekstract??? kalo misalnya file.iso diekstract, trus hasil ekstractnya dicopykan ke flash disk, tanpa winto flash.. bisa gak gan???

    Reply
  8. Tatang Gunawan S

    kalo belum 100% sebaiknya jgn diteruskan, tp ulangi dari awal sampai 100%… kalo sudah terlanjur install yaaaa… pinjem punya teman buat transfer windows ke flashdisknya dari awal… flashdisk tdk masalah meskipun dilakukan proses berulang2

    Reply
  9. Tatang Gunawan S

    kalo gambar seperti langkah no.10 ga ada, kesalahan ada 2, boot pertama harus benar-benar dari flashdisk -save.. kedua windows 7 belum tertransfer ke flashdisk… coba diteliti lagi

    Reply
  10. Tatang Gunawan S

    Fungsi untuk transfer windows dari DVD ke Flasdisk, jadi bisa install windows dari flashdisk, sering dipake install ke netbook yang ga ada DVD drive-nya atau DVD drivenya rusak

    Reply
  11. Anonim

    Gan pas tahap WINTOFLASH blm 100 malah ke rebot dan hal hasil saat boot ada huruf j di pojok atas ??? mohon bantuannya

    Reply
  12. eL`adit

    agak lumayan lama mas , tapi saya saranin jangan dari 4shared , dari yang softonic ajah , cari ajah deh sendiri yahh 😀 hehehe

    Reply
  13. Anonim

    Bang, ane mau nanya

    fungsi dari software ini apa y? ngopy doang?

    BTW thx info na :3

    Reply
  14. Anonim

    gan saya dak punya dvd win/nya tapi q punya data nya di file tu(program C) /masih fres belom ketumbuk apapun bisa di copy/tranfer di flasdis gak tuh seperti langkah 2 diatas!mhon penjelasan nya gan mazih monoton. !

    Reply
  15. Tatang Gunawan S

    Ada kesalahan pemilihan drive… langkah no 5 atau sumber windowsnya bukan dalam bentuk DVD, jadi masih berbentuk hasil download atau ISO atau copy paste atau DVD windowsnya rusak

    kalo sumber berbentuk ISO harus di extract dulu ke suatu folder misalnya di extract pake ultraISO, kemudian folder itu jadi sumber/source-nya

    Reply
  16. Anonim

    gan mau nnya klau pas di trasfer ke Flashdisk ,gak bisa mlah ada tulisan "Image or archive doesn't exists: D:" .itu hrus gmna .?
    mhon pnjlasannya ….

    Reply
  17. Anonim

    jika win to flash error, downloadnya tidak sempurna… download lagi dari websitenya sampai bisa dibuka, jangan lupa diextract pake winrar hasil downloadnya

    Reply
  18. Anonim

    win to flash berhasil di downloa dan di ekstrak, tapi waktu dijalankan winto fash nya muncul pesan error "unexpeted problem" kenapa ya gan..????? mohon bantuannya. terima kasih

    Reply
  19. Anonim

    waktu dijalankan win to flash nya muncul pesan error , kenapa ya gan ???
    terimakasih atas infonya

    Reply
  20. Anonim

    mau nanya.misalx saya gk punya dvd installer windows7 tp pumya datax dari hasil download internet apakah trik ini bs digunakan

    Reply
  21. Diwa Hanugra P

    gan kok ane pas lagi transfering windows setup to USB pas bagian "copying file license.rtf" itu lama banget? mohon bantuannya

    Reply
  22. Anonim

    @ Satria >> memang kalo sekilas bingung — Jd intinya
    – Download software wintoflash terus install dan buka programnya
    – siapkan DVD windows dan Flashdisk pada tempatnya
    – transfer windows ke flashdisk
    – Gunakan Flashdisk sebagai pengganti DVD windows 7

    Reply
  23. Anonim

    @ Anonim >> Hai… load driver pada langkah proses transfer atau sesudah install?
    Jika dalam proses transfer ada yang salah dari sumber DVD dan target flashdisk, pilih drive yg benar menggunakan DVD windows yang yakin bagus, biasanya sumber (source) di drive E: atau F: (tergantung) begitu pula drive flash disk.
    Jika setelah proses install
    Driver memang WAJIB ada, WAJIB diinstall, tapi windows 7 tidak 100% menyediakan driver, sehubungan dengan berbagai macam merk Komputer/Laptop, tidak mungkin windows menyediakan semuanya, pasti bergiga-giga ukurannya pada DVD… Jika telah install ulang windows 7 atau XP, terus sebaiknya download dan install sesuai spesifikasi komputernya, biasanya Komputer atau Laptop Baru ada CD/DVD drivernya

    Reply
  24. Anonim

    ane udah coba gan, tapi kok masih suruh load driver ya??? mhn bntuannya

    Reply
  25. Anonim

    kalo habis mlih boot setting n udah di save tp ttep ga mau baca gimana ni?
    mlah ngrestart terus…

    Reply
  26. Anonim

    juned intan >> format iso harus diextract terlebih dahulu, lihat komentar2 awal.

    kholid syaifulloh >> tergantung cara installnya, data2 msh bisa tersimpan, lihat langkah 10 ada tautan linknya

    Anonim >> percobaan install ini sudah memakai windows 7 32 bit

    Reply
  27. Anonim

    thanks yahhh

    password saya ilang jadi perluy install ulang
    hahaha
    thank's infonya

    Reply
  28. Anonim

    rifki >> pastikan drive CD/DVD nya benar Di E: atau di F: (kebanyakan di E:) atau coba Windows DVD yang lain, mungkin yang itu rusak

    putra kelana >> Windows Xp sama dengan 7, bedanya pilihannya saja, kalo error kemungkinan CD windows XP nya rusak, coba Windows XP Professional yang bagus.. Sudah pernah ditest Windows XP dan 7 biasanya bisa atau itu driven sumbernya, apa sudah dipastikan benar?

    Reply
  29. putra kelana

    gan. pas mau di RUN muncul tulisan ginih :

    found problems with source file

    Can't discover Windows XP/2003 architecture (x86/64)
    Can't find file I:i386eula.txt
    Can't find file I:i386txtsetup.sif
    Can't find file I:i386dosnet.inf
    Invalid Windows version in file I:i386dosnet.inf

    kira2 apa tu gan
    mohon bantuanya
    Total errors: 5

    Reply
  30. rifkiLuphDitha

    kak mw tnyak.. kenapa pas bagian milih os nya gak kedetek, tulisannya no driver found please insert cd/dvd.. bagaimana solusinya kak?

    Reply
  31. Anonim

    mungkin salah pilih… coba liat lagi pilihannya… transfer windows bukan yang winPE, terus periksa posisi sumber windows sama target transfernya…

    Reply
  32. Anonim

    xx tidak bisa gan.
    ada pesan "salah sumber windows file"
    padahal file setup vista dan usb drive dan benar

    Reply
  33. Anonim

    makasih, tutorial yang sangat bermanfaat…. berhasil install dengan cara ini…

    Reply
  34. Anonim

    jual jam tangan casio >> Kalo file corrupt yang salah bukan programnya, tapi memory komputernya rusak…. ganti memory! install dengan flashdisk ini sama saja seperti pake DVD

    Reply
  35. jual jam tangan casio

    bro, ini kekuranganya apa aja kalau install dari flashdisk soalnya kapasitas flasdisk itu kan terbatas dan digunakan sebagai media penyimpanan sementara jadi apakah ada kemungkinan waktu pas mau di install file installernya ternyata corrupt?

    Reply
  36. Anonim

    windows 7 all in one, saya belum mencobanya, tapi seharusnya prosesnya sama dan bisa dipakai…

    Letak kesalahannya pada saat expanding selesai dan restart, flashdisk harus (wajib) dicabut…. kalo ga dicabut akan berulang-ulang proses installnya… lihat petunjuk langkah 11. maksud langkah ini cabut flashdisk ketika merestart kembali

    Reply
  37. Anonim

    Apakah prosesnya akan sama jika yang di instal windows 7 all in one,,
    karena aku telah mencoba dan hasilnya saat mau menjadikan windows tersebut OS di PC ketika expanding files selesai dan restar itu tidak dapat melanjutkan dan kembali ke awal,,,,,,,,,

    Mohon penjelasan dimana letak kesalahanya,,,,,

    Reply
  38. Anonim

    Kalo gambar langkah ke 4 ga muncul, close dulu wintoflasnya, trus buka lagi…

    yadie… booting ke flash disk diatur pengaturannya terlebih dahulu di langkah 7-9, supaya flash disk booting pertama…

    Reply
  39. Anonim

    Isi dari DVD pada umumnya ga bakalan hilang sampai kapanpun, Kecuali DVD itu Rewriteable (rw), tapi itupun manual bukan transfer…

    Reply
  40. Anonim

    lihat 3 komentar sebelumnya…
    -> win 7 DVD atau win 7 ISO (yang telah diextract) -> transfer ke flash disk pake wintoflash
    -> setelah windows di transfer ke flash disk, instalasi windows 7 secara sempurna ada di langkah no.10

    Reply
  41. Tguh blog

    gan tlng d jelasin secara singkat.
    aku punya notebook tnpa dvd rw dah punya file instalasi win 7 .iso dan flash 8 gb.
    notebooknya masih normal seandainya butuh instal ulang jd ngeti, cz belum pernah prktekin jd agk sdkit bingung

    Reply
  42. Anonim

    Kalo udah di extrack… tetap pake wintoflash, folder tempat extract nya itu yang jadi sumber (alias windows files path), flash disk jadi drive destination (alias USB drive) lihat langkah 5

    Reply
  43. Tguh blog

    gan aq dh baca komen di atas klo filenya jadi .iso berrti harus d extrack menggunakan ultraiso dan membuat folder trz copy d flash.
    klo sudah itu berarti langsung bisa di instal ?
    apa gk perlu software wintoflash lagi

    Reply
  44. Anonim

    File ISO baik windows XP atau Windows 7, di extract dulu ke suatu folder pake software seperti UltraISO
    maka sumber windowsnya nanti adalah folder itu, dan destinationnya Drive nya Flash Disk

    Reply
  45. Anonim

    data2 kehapus kalo diformat, jadi amankan dulu data2 pentingnya… flash disk itu fleksibel bisa diformat, di transfer windows xp atau 7 ataupun buat simpan data lainnya berulang-ulang setelah diformat

    Reply
  46. khykin

    suhu , klo fd nya di format ulang , kehapus dong data'' yang ada . . klo misal di pindahin dulu trus abis di masukin windows trus masukin lagi data nya boleh ga tuh shuhu . . ??

    Reply
  47. Anonim

    Flash disk hanya bisa di transfer 1 windows saja, jika mentransfer windows lain harus di format lg, dan begitu seterusnya

    Reply
  48. Anonim

    Gan dlm 1 flash disk bisa ditaruh installer 2 windows gak (xp dan 7)?

    Reply
  49. Anonim

    Gathoot > Flashdisk otomatis terformat, jd simpan dulu data-datanya

    Ridho dhani > kemungkinan booting pertamanya belum di setting ke flash disk, teliti lg langkahnya sm link-link yang ada diatas kalo perlu

    Reply
  50. Anonim

    Ane aja > proses download 2 x, linknya tersedia di atas, download pertama sebentar, trus klik 2x hasil downloadnya, trus dia download lagi yg kedua, itulah softwarenya…

    Reply
  51. lakmodu_ambon

    dangke Omm…
    atas infonya…
    paling bagus & paling bermanfaat.
    salam org ambon…

    Reply
  52. Galang Raka

    gann di daerah saya kan gak ada yang jual cddvd windows,, kalo misalnya saya download windows 7 dari KOMPUTER saya, terus saya taruh di flasdish saya,, nah yang saya tanyakan buat NETBUK saya gmana langkah selanjutnya mohon dijawab makasih gan??

    Reply
  53. Anonim

    gan klo file win 7 dah jadi file iso dan sudah di copy d flashdisk apa bisa langsung di instal ?

    Reply
  54. Dheday

    nice MASBRO
    thx before

    kalo bisa ada bahasan buat instalasi OS 7 lewat jaringan yang agak mudah dipelajari 😛

    keep spirit masbro

    Reply
  55. Anonim

    ok gan thx banget buat infonya..
    oiya kalo boleh tau kira2 btuh brp gb ya buat os win 8..?
    dan klo boleh ane tau ada cara laen ga buat ngubungin agan…
    x aja nanti pas ane lgi eksekusi ada problem..!
    jadi ane bisa minta tolong bantuan dari agan..!

    Reply
  56. Anonim

    Pilih Custom Install, Install Windows 8 di Partisi yang baru yang kosong, kalo tidak ada sebaiknya jangan, jadi harus buat partisi kosong… sifatnya permanent dalam komputer, temporary jika di install di flashdisk… dalam satu komputer bisa di install beberapa operating System, Windows XP + Windows 7 + Linux pun bisa, mau ditambah windows 8 juga bisa, tapi di partisinya masing2

    Reply
  57. Anonim

    gan mau nanya nih…
    ane kan skrg pke win 7,dan ane mw nyoba instal win 8 di flash disk,kira2 kalo ane jadi instla win 8 dari flash disk apa os yg win 7 di system c juga akan tertimpa dgn win 8..?
    soalnya semua tutor di atas udah ane ikutin tinggal di boot aja flash disk nya…
    tpi ane masih ragu takut OS yg win & nya tertimpa oleh OS win 8..
    dan apakah cara instal win 8 lewat flash disk bersifat permanet atau temporer..?
    (dalam arti kata klo kita lagi makai win 8 dan kita shut down lalu tanpa mencolokan flash disk untuk boot akan kembali ke OS win 7 yg semula..?)
    mohon pencerahan nya gan…

    Reply
  58. Anonim

    kalo memang file nya iso , dapet menggunakan daemon tools sebagai virtual disc ny , iso tinggal d mount dan akan terbaca pada saat pemilihan DVD , tinggl lanjutin lngkah aja

    Reply
  59. Anonim

    Justru Tutorial ini untuk DVD Windowsnya, bukan ISOnya… coba perhatikan lagi tambah komen2 sebelumnya

    Reply
  60. Cipank Dida

    akhirx nemuin yg bener2 ngasih cara install windows 7 pake flashdisk, yg laen pake judul g2, tp isix malah cara membuat flashdisk boot win 7

    Reply
  61. Anonim

    Windows XP memang pake Product Key, Windows 7 Ga usah Pake product key sudah bisa digunakan, Coba lihat langkah 10 disana ada link tautan, baca di paragraph terakhir

    Reply
  62. aulya

    saya pernah instal XP dan ada permintaan lisensi produk key…
    kalo yang ini harus memasukan lisensi produk key ngGa…?

    Reply
  63. Anonim

    Kenapa Pake Yg 64 bit? Processornya harus bagus, trus spesifikasi yg lainnya jg harus mendukung kalo 64 bit, dan biasanya program2 yg lainnya jg harus 64 bit… Kalo tidak salah Program diatas belum support 64 bit… Coba Masukin Yg 32 bit…

    Reply
  64. ikbal amaludin

    mas aku dah coba, nah pasbagian milih os nya gak kedetek, tulisannya no driver found please insert cd/dvd, gimn mas ada solusinya, aku instal win7 ultimate 64bit

    Reply
  65. Anonim

    Di paling Atas sekitar paragrap ke 5, ada tulisan … anda dapat mendownloadnya Disini (Tulisan Disini itu linknya, bisa diklik)

    Reply
  66. Anonim

    File ISO baik windows XP atau Windows 7, di extract dulu menggunakan software seperti UltraISO, kalo udah di install programnya, buat Folder dengan nama apa aja, open file ISO nya, kemudian action extract ke folder itu… maka sumber windowsnya nanti adalah folder itu, dan destinationnyaDrive nya Flash Disk

    Reply
  67. teguh firman secorpions

    gan …. kalau file os xp nya gak dari cd, tapi dari hardisk yang berformat iso, bagaimana gan cara mindahkan data file iso xp ke flahsdisk agar bisa mengistall netbook …….

    Reply
  68. Anonim

    Flash Disk Yang telah ditransfer windows masih bisa di gunakan lagi untuk memasukan data-data, sebaiknya di format dulu… dan tidak akan rusak meskipun sudah dipakai bolak-balik berulang kali

    Reply
  69. ei riyu

    gan flasdisk yg telah digunakan untuk instal wi dos apa masih bisa dipakai seperti flasdisk biasa untuk menyimpan data??

    lalu kalua file windows7 nya di hapus dari flaskdisk apa flasdisknya akan rusak atau tidak??

    Reply
  70. Anonim

    Windows Xp lebih ringan dari Windows 7, Sebenarnya bisa di install dua-duanya dalam 1 komputer/laptop.
    Trik sederhana tapi penjelasannya panjang. Yang install windows Xp saja, Windows 7 sebelumnya harus dihapus, begitu juga sebaliknya. Kalo diinstall dua-duanya harus di disesuaikan sistemnya. Nanti diposting lebih lengkap…

    Reply
  71. Anonim

    gan kalo misalnya ane install windows xp tapi OS sebelumnya itu windows 7 gimana ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *