Cara Install BB (BlackBerry), Bold, Curve, Torch, Storm

By |Updated: November 10, 2016 20 Comments

Cara install BB (BlackBerry), berikut ini hanya berlaku untuk Tipe Bold, Curve, Torch, Storm, dengan OS (Operating System) versi 5, 6, 7 dan 7.1. Install BB ini dapat dilakukan untuk upgrade maupun downgrade BlackBerry.

Cara Upgrade BB

Berikut adalah cara upgrade BB dapat dilakukan pada berbagai tipe BlackBerry smartphone. Upgrade BB disebut juga instal OS BlackBerry, artinya OS (Operating Sistem) BB yang sedang digunakan akan dihapus seluruhnya, termasuk aplikasi, kontak semuanya dihapus, kemudian diganti dengan OS yang baru dan biasanya kinerjanya lebih cepat.

Setelah proses instal atau upgrade BB (BlackBerry) selesai, dapat dimasukan kembali kontak yang di back up sebelum proses instalasi, termasuk aplikasi yang diinginkan dapat di download seperti biasa langsung dari BB.

Software yang dibutuhkan

Berikut adalah software yang dibutuhkan untuk instal BB atau upgrade BB:

1. BlackBerry Desktop Software, download BlackBerry Desktop Software.
2. OS BlackBerry terbaru atau update yang akan di install, klik disini daftar download OS BlackBerry.
3. BBHTool, download BBHTool, kemudian klik kanan extract pada suatu folder.
4. BBSAK, download BBSAK, atau disini download BBSAK alternatif.
5. Kabel Data, sebagai penghubung BlackBerry dengan Laptop/Komputer.

Langkah-langkah cara instal/ BB OS

Berikut adalah langkah-langkah cara instal BB OS secara lengkap dengan gambar:

Instal Software

Instal BlackBerry Desktop Software, instal OS BlackBerry terbaru, instal BBSAK (semuanya pada komputer), ikuti petunjuk instalasi seperti biasa instal suatu program, kemudian restart komputer agar sempurna prosesnya. Untuk BBHTool tidak perlu di instal karena langsung bisa digunakan.

Back Up Data-data

Hubungkan BlackBerry dengan laptop/komputer memakai kabel data yang bagus dan yakinkan bahwa koneksinya tidak error atau tidak putus-putus.

blackberry desktop software

Image: blackberry desktop software

Buka BlackBerry Desktop Software untuk Back Up Data, Pilih Device, Pilih Back Up, Pilih Data-datanya, kemudian simpan di suatu folder mana saja.

Back Up Data yang diperlukan saja seperti Kontak Telp dan BlackBerry Messenger (kontak BBM). Setelah proses Back Up selesai tutup saja BlackBerry Desktop Softwarenya dan lepaskan kabel data dari BlackBerry.

Proses cara upgrade BB

Berikut adalah proses cara upgrade BB.

BBH Tool

Buka BBH Tool, Lihat “Select BBOS Folder” untuk memastikan Tipe BB dan versi OS yang akan di instal sudah benar, biasanya ini otomatis terdetaksi jika OS BlackBerry telah di instal di komputer.

Pilih “Delete Vendor.xml” agar BlackBerry bisa digunakan untuk Provider mana saja.

Pilih “Shrink-A-OS”, ini dilakukan agar sistem OS BB yang baru lebih cepat kinerjanya, dan lebih cepat proses instalasinya, biasanya hanya 5-15 menit.

bbh tool

Image: bbh tool

Cari Select (ada dibawah sebelah kiri), Pilih “All”, dan jika ada notifikasi Remove pilih saja No, bisa dilihat check list sesuai gambar. Kemudian klik tombol “Shrink My OS!”.

bbh tool settings

Image: bbh tool settings

Setelah selesai Tutup saja BBH Tool.

BBSAK

Sebelum lanjut pada proses ini, pastikan SIM card dan Media Card (kartu memori) semuanya dilepas dari BB, agar proses instal OS sempurna, dan posisi baterai yang cukup.

Nyalakan Kembali BB tanpa SIM Card dan tanpa Media Card, kemudian hubungkan dengan komputer.

Buka BBSAK, jika ada notifikasi password, diisi jika pakai password, jika tidak dikosongkan saja dan klik OK. Biasanya Pin BB akan terdeteksi oleh BBSAK.

bbsak

Image: bbsak

Pilih “Wipe Device”, ini dilakukan untuk menghapus seluruh sistem yang sedang dipakai pada BB. Jika ada notifikasi pilih Yes, kemudian proses penghapusan berlangsung singkat dan BB akan segera restart otomatis.

Setelah BB restart, maka akan muncul tulisan error (biasanya 507), apapun errornya abaikan saja, karena memang sudah ga ada sistemnya.

Tutup BBSAK. Tapi jangan lepaskan Kabel Data dari BB.

Instal OS BB yang Baru

Posisi BB masih terhubung dengan komputer.

Cari file “Loader” dari OS BlackBerry yang sudah diinstall di komputer, biasanya di folder

C:Program FilesCommon FilesResearch In MotionAppLoader

Klik saja 2 x file “Loader” untuk instal OS baru pada BlackBerry, ikuti saja sesuai petunjuk semudah klik Next dan OK, maka proses instalasi akan berlangsung dan biasanya prosesnya 5-15 menit saja (tergantung kecepatan komputer dan spesifikasi BB).

bb os loader

Image: bb os loader

install OS BB

Image: install OS BB

finish bb

Image: finish bb

Setelah proses instalasi selesai BlackBerry akan Restart agak lama untuk pertama kalinya (sabar), tetapi untuk selanjutnya BlackBerry akan restart lebih cepat dan normal.

Masukan kembali SIM Card dan Media Card, dan lakukan proses restart 2-3 kali.

Masukan kembali Data Kontak Telp menggunakan BlackBerry Desktop Software yang di Back Up sebelumnya. Harap diperhatikan simpan kembali dengan memilih data-data yang diperlukan saja, agar BB tidak terbebani dengan sesuatu yang tidak diperlukan.

BlackBerry yang baru di instal OS ini biasanya belum ada aplikasinya, kecuali BBM dan BlackBerry App World akan muncul otomatis untuk di download dan instal kembali. Dan aplikasi yang lain dapat di download seperti biasa.

Mudah-mudahan berjalan lancar dan bermanfaat.

Tags:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

20 Komentar: Cara Install BB (BlackBerry), Bold, Curve, Torch, Storm

  1. Sep Hikmat

    it's work thank you. oh yah if your device is'n detecdtion please restart your computer firs and put again… thankk..

    Reply
  2. Unknown

    mas…ini restartnya kok lama banget yan??udah 1,5 jam ndak restart otomatis??normal kah??aku pake blakberry 9780.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *