Cara Agar Blog Artikel Cepat Terindex Google

By |Updated: November 10, 2016 41 Comments

Cara agar artikel Cepat Terindex Google sebenarnya sudah banyak yang membeberkan, namun ada beberapa teknik yang banyak orang tidak mengetahuinya.

Jadi ada baiknya saya bagikan khususnya buat Blogger Agar seluruh posting di indexing oleh Google. Berikut adalah cara agar postingan cepat terindex Google.

Cara agar artikel baru cepat terindex Google

Salah satu trik yang paling jitu adalah submit URL artikel di social media atau website yang mempunyai Page Rank Tinggi, dengan begitu Google akan melirik Blog tersebut. Langkah ini bisa dibilang untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Setelah membuat blog/artikel baru, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut agar cepat terindex dan ke depannya mudah-mudahan blog bisa mendominasi search engine. Teknik ini telah dibuktikan di beberapa blog, dan sekarang rata-rata artikelnya terdapat di top 10 Google, atau dihalaman yang tidak jauh.

google search

Image: top google search

Muncul di pencarian Google adalah kepuasan tersendiri, yang pesaingnya rata-rata blog luar negeri dan melawan ratusan ribu bahkan ratusan juta web blog.

Bayangkan Blog ini aslinya menggunakan blogspot yang katanya tidak SEO (Search Engine Optimization) atau SEO friendly dan katanya tidak mampu bersaing di search engine (ini pendapat sebagian orang) dan hanya bermodal SEO gratisan, mampu menumbangkan web atau blog besar pada kata kunci tertentu. Tapi sudah migrasi sekarang ke WordPress 🙂

Sebenarnya kunci utamanya adalah memilih Tipe/Template/Theme untuk blog tersebut. Pilihlah Theme yang SEO Friendly, (anda bisa searching) dengan loading yang cukup cepat.

Tips dan trik Artikel Cepat Terindex Google

Berikut ini adalah tips cara artikel postingan yang baru cepat terindex Google:

1. Template blog atau website

Untuk blogspot, ganti bawaan template blogspot dengan template-template gratis yang SEO Friendly. Jangan pasang aksesoris apapun dulu di blog baru, apalagi iklan. Postinglah dulu 2 atau 3 artikel asli/original yang sudah disiapkan. Ingat! hanya posting saja, jangan melakukan apa-apa, dan diharapkan juga jangan posting lebih dari 4 artikel, karena nanti bisa dianggap Spam! Walau tidak dianggap Spam, blog baru ke-index lama.

2. Hindari Duplikat Konten

Hilangkan Blog Archive dari Layout Blog. Blog Archive sebenarnya dapat mengurangi Nilai dari kualitas blog menurut Mesin Pencari, jika tidak mengetahui triknya (Archive dianggap sebagai duplicate content oleh mesin pencari, kecuali diubah settingan robots.txt-nya atau ditambah meta tag seperti pada langkah ketiga, maka boleh dipakai). Kedepannya bisa menggunakan recent post (artikel terbaru), atau related artikel (artikel terkait), dan untuk Popular post (paling populer) cukup baik untuk dipakai.

3. Setting blog

Ubah Settings di Menu Blog, Seperti Basic, Post and Comments, Mobile and email, Language and Formating, Search Preference, Other.

Basic: Isi Title Blog sesuai keinginan untuk diberi Nama. Description Blog diisi juga, Privacy pilih listed on Blogger, Visible to search engine.

Post and Comments: Pilih 5-10 posting saja untuk homepage. Lainnya bisa disesuaikan.

Mobile and email: disesuaikan

Language and formatting: disesuaikan.

Search preference: Custom robots.txt enabled, kotak diisi seperti dibawah ini, bisa pilih salah satu atau semuanya aja masukan kode berikut di dalamnya.

User-agent: *
Disallow: /search
Disallow: /undefined
Disallow: /*archive
Disallow: /p/
Allow: /
Sitemap: http://namablog.blogspot.com/sitemap.xml

Catatan: Ganti nama blog dengan nama blog anda, Custom robots header tag dijadikan enabled. Jika ingin melihat kode seperti Blog ini klik link berikut robots.txt, buka di komputer.

4. Submit Sitemap

Segera submit sitemap di Google Webmaster Tools, bisa searching cara submit sitemap di Google Webmaster, jika belum tau. Google Webmaster tersedia di Blogspot, jika klik Overview, disebelah kanan bawah ada Open Webmaster Tool atau klik link tersebut diatas.

5. Fetch ke Google

Fetch as Google Di Webmaster Tool atau klik saja tautan tersebut, sekali saja sudah cukup untuk setiap link homepage atau link posting dan bisa fetch lagi di lain hari. Jika ada update artikel bisa fetch lagi.

6. Ping blog

Ping Blog, menggunakan situs Ping otomatis yang gratis, contohnya googleping bisa searching di Google “automatic ping”. Ping blog jangan kebanyakan, gunakan satu situs penyedia ping saja dan untuk link yang mana saja, 1x sehari sudah cukup.

7. Submit Artikel

Segera submit salah satu atau lebih artikel di website bersahabat dengan Page Rank tinggi untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan mudah-mudahan dapat pengunjung yang banyak.

Penutup, Biasanya blog atau artikel baru maksimal paling lama akan terindex dalam waktu 2-4 hari, beruntunglah jika bisa terindex dalam beberapa jam, bisa di cek dengan mengetikan alamat blog atau artikel di pencarian Google.co.id – Selama itu buatlah posting yang menarik 1-2 posting setiap hari, seminggu sekali atau bebas. Selamat Mencoba.

Tags:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

41 Komentar: Cara Agar Blog Artikel Cepat Terindex Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *