Cara Alami Untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

By |Updated: November 10, 2016 3 Comments

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan penyakit cardiovascular termasuk beberapa seperti serangan jantung, stroke, dan lain-lain. Tekanan darah mengacu pada kekuatan darah terhadap dinding arteri saat beredar ke seluruh tubuh. Denyut jantung setiap waktu, memompa darah keluar ke “arteri”.

Tekanan darah tertinggi ketika jantung berdetak memompa darah. Hal ini disebut “tekanan systolic”. Ketika jantung beristirahat antara ketukan, tekanan darah turun. Hal ini disebut “tekanan diastolic”.

Mengukur Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak terlihat memiliki tanda-tanda atau gejala. Meskipun beberapa orang dengan stadium awal tekanan darah tinggi mungkin memiliki sakit kepala, pusing, sedangkan tanda-tanda dan gejala ini biasanya tidak terjadi sampai tekanan darah tinggi telah mencapai stadium lanjut, “itu sebabnya penyakit ini sering dikenal sebagai silent killer”

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki “hipertensi” atau tidak, satu-satunya cara adalah dengan mengukur tekanan darah. “Tekanan darah normal adalah 120/80, di mana 120 adalah systolic (maksimum) dan tekanan darah diastolic adalah 80 (minimum)”

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ketika tekanan darah di atas 140/90, tekanan darah dianggap tinggi. Maka perlu untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah dengan segera. Karena tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko “serangan jantung” dan “Stroke” yang merupakan penyebab utama kematian di dunia.

Meskipun beberapa mungkin secara genetik cenderung memiliki hipertensi, ada banyak cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

water

Image: water

Tips Cara mengontrol tekanan darah tinggi

1. Meningkatkan Aktivitas Fisik, Namun Tidak berlebihan

Menjadi aktif secara fisik merupakan salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengontrol tekanan darah tinggi. Hal ini juga membantu untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Jika Anda mendapatkan latihan yang sangat sedikit , mulailah secara perlahan dan bekerja dengan cara Anda sampai setidaknya 30 menit aktivitas tingkat sedang, seperti berjalan, lari, bersepeda, dan berenang setiap hari.

2. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Bahkan tekanan darah bisa meningkat dengan meningkatnya berat badan. Menurunkan sampai 10 kg bisa menurunkan tekanan darah tinggi anda. Mendapatkan kembali ke berat badan yang sehat tidak sesulit kedengarannya.

Anda dapat memulai dengan membatasi ukuran porsi makanan dan makanan ringan, dan memotong jalan kembali pada makanan berkalori tinggi.

3. Makan Makanan yang Sehat

Apa yang Anda makan mempengaruhi tekanan darah tinggi. Termasuk banyak buah-buahan dan sayuran dalam diet Anda dan menjauhkan diri dari makanan yang tinggi “lemak jenuh” dan “kolesterol” dapat membantu mencegah resiko terkena tekanan darah tinggi dan mengurangi tekanan darah.

4. Kurangi Makan Mengandung Banyak Garam Atau Sodium

Suatu bagian penting dari pola makan sehat adalah memilih makanan yang rendah garam dan jenis lainnya. Mengurangi makan mengandung garam adalah kunci untuk menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat, makanan yang mengandung garam harus mengkonsumsi tidak lebih dari 2,4 gram per hari.

Ini setara dengan 6 gram atau sekitar 1 sendok teh garam per hari. Bagi mereka yang dengan tekanan darah tinggi, sebaiknya mengkonsumsi kurang dari itu.

5. Hindari Minuman mengandung Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini juga membahayakan otak, hati dan jantung.

6. Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu yang dapat menurunkan kualitas kesehatan yang mempengaruhi tekanan darah. Dengan berhenti merokok akan membantu kedua paru-paru dan jantung.

3 Komentar: Cara Alami Untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

  1. Anonim

    I am curiοus to find out whаt blog platfοrm you havе been using?
    I'm having some small security issues with my latest blog and I'd like to find something more risk-freе.
    Do you havе any ѕuggestions?

    Feel free to visit mу weblog :: varanasi travel guide

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *