Cara Alami Mengatasi Sulit Tidur (Insomnia)

By |Updated: November 8, 2016 3 Comments

Susah tidur, sulit tidur, insomnia adalah gangguan tidur di mana ada ketidakmampuan untuk tertidur atau tetap tertidur selama yang diinginkan. Banyak orang mengalami kesulitan untuk dapat tidur dari waktu ke waktu. Berikut diuraikan beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia.

Insomnia biasanya diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Insomnia dapat terjadi pada semua usia, tetapi sangat umum pada orang tua. Insomnia dapat bersifat jangka pendek (sampai dengan tiga minggu) atau jangka panjang (di atas 3-4 minggu). Insomnia dapat menyebabkan masalah memori, depresi, iritabilitas, dan peningkatan resiko penyakit jantung.

Cara alami mengatasi susah tidur atau insomnia

Tergantung pada bagaimana insomnia mempengaruhinya, mungkin mengalami kesulitan tidur atau tetap tertidur. Apapun penyebabnya, masalah tidur mempunyai efek negatif yang dapat mempengaruhi kehidupan dalam banyak cara. Oleh karena itu mengobati Insomnia diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

sleep timer

Image: sleep timer

Pil tidur sering menjadi hal pertama yang dicoba bagi kebanyakan orang terkait insomnia. Namun pil tidur memang memiliki efek samping yang mungkin dapat memperburuk kondisi dan tidak mengobati insomnia. Untungnya, ada banyak metode alami yang dapat membantu untuk mengatasi insomnia.

1. Matikan lampu

Cahaya diketahui dapat mempengaruhi kemampuan tubuh seseorang untuk memastikan malam, dari hari yang dapat mempengaruhi jam beraktivitas. Jadi, matikan semua lampu saat akan tidur. Kecuali memiliki masalah dengan tidur dalam gelap, dapat diganti dengan lampu redup yang berwarna.

2. Mandi Air Hangat

Cobalah melakukan mandi air hangat, minum segelas susu hangat atau mendengarkan musik yang menenangkan dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi rileks, yang menjadikan tidur malam yang baik.

3. Hindari tidur di Sore Hari

Hindari tidur lebih dari jam 3 sore. Tidur siang baik-baik saja asalkan hanya untuk sekitar satu jam dan mengambil itu sebelum pukul 3 sore. Semakin sore seseorang tidur, maka semakin sulit untuk bisa tidur di malam hari.

4. Hindari Makan Berlebih sebelum tidur

Jangan makan makanan besar atau berlebihan, terutama dalam beberapa jam sebelum Anda pergi tidur.

5. Relaksasi

Cobalah meditasi atau latihan pernapasan, seperti yoga karena memiliki efek relaksasi, yang membantu mempersiapkan tubuh untuk tidur. Tapi jangan melakukan aktivitas berat sebelum tidur.

6. Mengatur Suhu Ruangan

Pastikan suhu kamar nyaman. Mengatur suhu sehingga dapat menikmati tidur di malam hari. Hal ini biasanya beberapa derajat lebih dingin daripada ketika berada di siang hari.

7. Hindari Asupan Kafein sebelum tidur

Hindari asupan stimulan seperti kafein, terutama pada larut malam sebelum tidur.

8. Hindari Merokok terutama sebelum tidur

Hindari merokok sebelum tidur. Merokok dapat menyebabkan waktu malam dengan masalah pernapasan.

9. Mengatur Siklus Bangun-Tidur

Cobalah pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini membantu mengatur jam biologis sehingga tubuh tahu kapan harus tidur dan kapan harus bangun.

Jika Anda tidak dapat tertidur, bangun dan membaca atau melakukan sesuatu yang ditemukan santai sampai merasa mengantuk. Memiliki tidur malam yang baik sangat penting bagi kesehatan dan memungkinkan untuk menjalani kehidupan yang aktif. Mulai menggunakan cara alami mengatasi insomnia ini dan menikmati tidur malam yang baik.

3 Komentar: Cara Alami Mengatasi Sulit Tidur (Insomnia)

  1. Obat Pelangsing

    Sangat menarik tulisan tentang cara alami mengatasi insominia… ini serta enak dibaca. semoga postingan ini memberikan manffat buat semua.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *