9 Binatang yang Memiliki Keahlian Khusus

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Terkadang dunia hewan benar-benar dapat memukau dengan kebiasaan dan keahliannya. Banyak binatang telah beradaptasi dan mengembangkan kemampuan di lingkungannya dan beberapa binatang memiliki karakteristik yang luar biasa.

Binatang yang memiliki keahlian khusus

Binatang-binatang berikut ini dapat melakukan keterampilan yang sangat langka dan menakjubkan, beberapa dari mereka seperti memiliki kemampuan yang khusus.

1. Hagfish/Remang

Keahlian: Kemampuan Extreme Bertahan Hidup

Hagfish, Binatang Laut ini mungkin terlihat seperti makhluk yang lemah, dapat dengan mudah dimangsa oleh hewan yang lebih besar seperti ikan hiu, tapi kemampuannya tidak seperti penampilannya. Mereka sangat terampil dalam melestarikan kehidupannya. Ketika diserang oleh predator seperti belut dan hiu, hagfish mengeluarkan sejenis lendir yang dapat menyumbat insang dan mulut predator, menyebabkan mereka mundur.

Dengan mekanisme pertahanan ini, hagfish dapat dengan mudah mengalahkan binatang yang sepuluh sampai seratus kali lebih besar dari mereka. Namun Hagfish adalah jenis vertebrata-semu yang diketahui makan dengan cara yang aneh. Mereka biasanya masuk ke dalam tubuh hewan yang mati di mana mereka berpesta daging melalui mulut, kulit, dan insang.

Video Hagfish Extreme Survival

Video: Kemampuan Hagfish

2. Platypus

Platypus

Image: Platypus – Klaus, CC BY-SA / Wikimedia

Keahlian: Pengalokasian yang Akurat

Platipus memiliki kemampuan luar biasa untuk menentukan lokasi yang tepat dan presisi dari mangsanya. Platypus memiliki ujung saraf yang hiper-sensitif untuk mendeteksi gerakan dan perubahan tekanan mangsanya ketika bergerak di bawah air, sehingga dengan mudah menentukan lokasi yang tepat dari mangsanya.

3. Belut Listrik

Belut Listrik

Image: Belut Listrik by Steven G. Johnson, CC BY-SA / Wikimedia

Keahlian: Energi Listrik yang Menakjubkan

Belut listrik mendapatkan namanya dari kemampuan supernya untuk melepaskan listrik dari tubuh mereka. Ketika binatang ini merasa terancam atau melihat mangsa, maka ia dapat mengeluarkan tegangan listrik sampai 600 volt, cukup kuat untuk merobohkan seekor kuda.

Belut listrik memiliki semacam Elektrolit yang berfungsi seperti baterai kecil, memungkinkan belut untuk memancarkan listrik dalam air. Secara teori, listrik yang dipancarkannya cukup untuk menjalankan kendaraan listrik.

4. Cuttlefish

Cuttlefish

Image: Cuttlefish by Leonard Low, CC BY / Wikimedia

Keahlian: Master Kamuflase

Cuttlefish adalah sejenis Cumi-cumi yang dianggap oleh banyak ilmuwan sebagai master utama dalam menyamar. Ia memiliki kemampuan untuk mengubah penampilan dalam sekejap mata, dan beradaptasi dengan lingkungan dengan sangat mudah. Kamuflase yang sempurna, dapat dengan mudah meniru penampilan, bahkan dapat menyamarkan hampir tekstur apapun yang dilihatnya.

Cuttlefish mempunyai sel-sel pigmen pada kulitnya yang disebut kromatofora, tersebar di seluruh tubuh, kromatofora ini memungkinkan mengubah tampilan warna secara keseluruhan dengan sangat cepat dengan warna apapun yang diinginkannya.

5. Planarian

Keahlian: Regenerasi Menakjubkan

Planaria memiliki satu kemampuan khusus yang membuat mereka sangat berharga, yaitu bahwa cacing pipih kecil ini memegang kunci untuk regenerasi.

Jika planaria kehilangan kepala atau ekor, dengan mudah dapat tumbuh kembali, kemampuan luar biasa ini juga sering terjadi pada hewan lain seperti kadal, kecoa dan bintang laut lain, tapi apa yang membuat planaria istimewa adalah bahwa ia dapat mengkloning dirinya sendiri.

Jika planaria dipotong menjadi dua, dua bagian akan diperbaharui dan menjadi dua planaria baru yang berbeda. Tidak peduli berapa kali memotong mereka, planaria akan beregenerasi dan mengkloning diri mereka lagi.

Mereka terdiri dari sel-sel yang cukup identik dengan sel induk. Planaria dapat mengubah sel induk ke jenis tertentu dari sel yang dibutuhkan oleh bagian tubuh yang rusak atau hilang.

Video Planarian Regeneration

Video: Kemampuan Planarian Regeneration

6. Archerfish

Keahlian: Pemanah Kecepatan Tinggi yang Presisi

Archerfish (Ikan Pemanah / Ikan Sumpit), Hewan ini memiliki sejumlah senjata khusus yang disimpan ditubuhnya. Senjata ini adalah air yang dipancarkan dengan kecepatan tinggi, cukup kuat untuk merobohkan dan membunuh mangsanya. Setelah serangga jatuh ke dalam air, archerfish kemudian segera menelannya.

Archerfish adalah ikan penembak yang sangat akurat, dan biasanya dapat mencapai target pada tembakan pertama. Tembakan airnya menakjubkan, bisa mencapai ketinggian 5 meter tapi umumnya sekitar 1-2 meter. Archerfish secara intuitif memiliki kemampuan pertimbangan hukum fisika yang rumit ketika menembak target, seperti gaya gravitasi, refraksi, dan bahkan pergerakan target.

Video Archerfish

Video: Kemampuan Archerfish

7. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Image: Ikan Salmon by Walter Baxter, CC BY-SA / geograph.org.uk

Keahlian: Ahli Navigasi

Ikan Salmon biasanya kembali ke tempat mereka lahir hanya untuk bertelur. Itu berarti menempuh perjalanan panjang lebih dari 3,8 km (2,4 mil), menavigasi melalui arus yang kuat, melompati berbagai kendala lingkungan dan melewati predator seperti beruang. Ini adalah perjalanan yang cukup misterius ke tempat asalnya dilahirkan.

Ikan ini memulai kehidupan di air tawar, tetapi menghabiskan sebagian besar masa dewasa berkeliaran di laut lepas. Namun hewan ini dapat menentukan lokasi yang tepat menuju tempat kelahirannya. Ikan Salmon dapat membedakan area dengan tepat dari ratusan, bahkan ribuan kemungkinan lokasi dari mana mereka bisa masuk ke laut.

8. The Plumed Basilisk Lizard (Sejenis Iguana)

Plumed Basilisk Lizard

Image: Basilisk Lizard by Bence Mate, Nature Picture Library

Keahlian: Kemampuan Berjalan diatas Air

Basilisk menghabiskan banyak waktu di pohon, arus sungai atau semak. Ketika hewan ini terancam, ia turun ke air dan meloloskan diri dengan berjalan di atas air dengan kaki belakangnya, menggunakan ekornya untuk dukungan tambahan.

Reptil ini juga dikenal dengan kecepatan larinya di darat hingga 11,2 km/jam (7 mph) dan karena kemampuannya untuk tetap terendam air selama sekitar 30 menit.

9. Hummingbirds (Burung Kolibri)

Hummingbirds

Image: Hummingbird – Mdf, CC BY-SA / Wikimedia

Keahlian: kemampuan Aerodinamika

Binatang ini dikenal dengan sebutan humming karena suara dengungan yang dibuat oleh sayapnya. Mengepak sayap pada frekuensi tinggi hingga bisa terdengar manusia.

Melayang-layang di udara pada tingkat mengepak sayap sangat cepat, biasanya sekitar 50 kali per detik, tetapi mungkin bisa sampai sekitar 200 kali per detik, memungkinkan juga untuk terbang dengan kecepatan sekitar 54 km/jam (34 mph).

Sayapnya memiliki pengaruh yang luar biasa dan fleksibilitas di udara, hingga dapat melakukan maneuver serta bisa terbang mundur maupun terbalik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *