Berlian Legendaris Paling Terkenal dan Berharga di Dunia

By |Updated: November 9, 2016 0 Comment

Berlian sangat populer sehingga sering dikatakan “Diamonds are forever”. Berlian sebagian besar dikenal sebagai simbol kekuasaan, kemurnian dan cinta abadi. Nilai berlian ditentukan oleh beberapa faktor yaitu Karat, Warna, Bentuk dan kemurnian/kebeningannya.

Berlian Legendaris Paling Terkenal dan Berharga

Banyak jenis berlian menjadi terkenal karena paling indah dan memiliki sejarahnya, juga karena beberapa orang terkenal membeli, memakai atau menjualnya. Di bawah ini menyajikan jenis berlian legendaris yang paling mahal dan berharga di dunia.

1. The Cullinan diamond

cullinan diamond

Image: cullinan diamond, by Chris 73 CC BY-SA 3.0 / Wikimedia

The Cullinan diamond adalah permata terbesar yang pernah ditemukan, sekitar 3.106,75 karat, berat kasar (621,35 g). Sekitar 10,5 cm (4,1 inci) panjang dalam dimensi terbesar, ditemukan 26 Januari 1905, di tambang Premier, dekat Pretoria, Afrika Selatan.

Permata yang terbesar dipoles dari batu bernama Cullinan I atau Great Star of Africa, dan pada 530,4 karat (106,1 g) merupakan berlian dipoles terbesar di dunia sampai tahun 1985 sebelum penemuan Golden Jubilee Diamond, 545,67 karat (109,13 g), juga dari Tambang Premier.

2. The Tiffany Yellow Diamond

Tiffany Yellow Diamond

Image: tiffany diamond, by Shipguy CC BY-SA 3.0 / Wikimedia

The Tiffany Yellow Diamond adalah salah satu berlian kuning terbesar yang pernah ditemukan, nilainya sekitar 287,42 karat (57,484 g) ketika ditemukan pada tahun 1877 atau 1878 di Afrika Selatan. Berlian ini dipotong menjadi suatu bentuk 128,54 karat (25,108 g) dengan pola putaran brilian tradisional untuk memaksimalkan kecemerlangan.

3. The Hope Diamond

The Hope Diamond

Image: the hope diamond, Wikimedia

The Hope Diamond, juga dikenal sebagai “Le Bijou du Roi” (“Permata Raja”), Berlian ini cukup besar sekitar 45,52 karat (9,10 g), berlian berwarna biru, sekarang disimpan di Smithsonian Natural History Museum di Washington, DC. Berlian ini diklasifikasikan sebagai berlian Tipe IIb, dan terkenal karena dianggap mempunyai “kutukan”, meskipun pemilik saat ini menganggapnya sebagai aset berharga dengan tidak ada masalah yang dilaporkan terkait hal itu. Berlian ini memiliki catatan sejarah panjang dengan beberapa celah di mana ia beberapa kali berpindah tangan dalam perjalanan dari India ke Prancis ke Inggris dan Amerika Serikat. Ini telah digambarkan sebagai “berlian paling terkenal di dunia”

4. The Orlov Diamond

Orlov Diamond

Image: orlov diamond, by Elkan Wijnberg, Wikimedia

The Orlov (kadang-kadang dieja Orloff) adalah berlian besar yang merupakan bagian dari koleksi Diamond Fund – Kremlin Moskow. Aslinya digambarkan memiliki bentuk dan proporsi setengah telur ayam, dapat ditelusuri kembali ke abad ke-18 Sri Ranganathaswamy candi Hindu di India, dimana berlian pernah dijadikan sebagai mata ketua para dewa. Hal ini diyakini bahwa berlian ini awalnya ditemukan di Tambang Kollur di Andhra Pradesh, India.

5. The Spoonmaker’s/Topkapi Diamond

Topkapi Diamond

Image: the topkapi diamond, by Harry Gouvas, CC-BY-SA, Wikimedia

The Spoonmaker’s Diamond (Turki) adalah 86 karat (17 g) berbentuk seperti buah pir yang dianggap sebagai kebanggaan pameran Imperial Treasury di Museum Istana Topkapi dan pameran tunggal yang paling berharga. Dianggap berlian terbesar keempat dari jenisnya di dunia, berlian ini tetap dalam kondisi keamanan yang tinggi.

6. The Sancy Diamond

beau sancy diamond

Image: beau sancy diamond by Heleashard, CC-BY-SA, Wikimedia

The Sancy, berlian kuning pucat, 55,23 karat (11,05 g), pernah dianggap dimiliki Mogul kuno, tapi lebih cenderung asal India karena potongan yang tidak biasa dengan standar Barat. Berperisai berbentuk batu terdiri dari dua mahkota back-to-back (bagian atas khas batu).

7. The Darya-ye Noor Diamond

Darya-ye Noor Diamond

Image: darya e-noor diamond, by Siroos777, Wikimedia

Darya-ye Noor (yang berarti “Laut cahaya” dalam bahasa Persia, juga dieja Darya-i-Noor, Darya-e Noor, Daria-i-Noor dan Darya-i-Nur) adalah salah satu potongan berlian terbesar di dunia, beratnya diperkirakan 182 karat (36 g). Warnanya, pink pucat, adalah salah satu yang paling langka dapat ditemukan dalam berlian. Darya-ye Noor kini disimpan di Treasury of Jewels Nasional di Bank Sentral Iran di Teheran.

8. The Koh-i-Noor Diamond

Koh-i-Noor Diamond

Image: imperial state crown, by CSvBibra, Wikimedia

Koh-i-Noor, (Persia, berarti “Gunung Cahaya” juga ditulis Kuh-e Nur, Koh-i-Nur), adalah 105,6 karat metrik, dengan berat 21,6 gram dalam keadaan dipotong terbaru, dan sekali waktu menjadi berlian terbesar dari jenisnya. Koh-i Nur diyakini berasal di negara bagian Andhra Pradesh di India bersama dengan gandanya, Darya-ye Noor (“Laut Cahaya”).

Berlian telah menjadi milik banyak dyansties, termasuk Kakatiyas, Rajput, Mughal, dinasti Afsharid, Durrani Empires, Sikh dan Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *