Isle of Man TT: Balapan Motor Paling Berbahaya Di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 0 Comment

Balapan Motor Paling Berbahaya, The Isle of Man (bahasa lokal Manx adalah Ellan Vannin) atau dikenal dengan nama Mann adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Irlandia, di pusat geografis dari Kepulauan Inggris, antara Irlandia Utara, Inggris, Skotlandia dan Wales.

Namanya “The International Isle of Man TT Race” merupakan ajang balap sepeda motor tahunan yang diselenggarakan di pulau ini dan selama bertahun-tahun menjadi balapan motor kelas dunia paling bergengsi sekaligus sebagai balapan paling berbahaya di dunia.

Balapan Motor Internasional Isle of Man TT

Balap motor ini merupakan acara internasional utama di pulau ini yang dikenal sebagai “The TT” (Tourist Trophy), yang dimulai pada tahun 1907. Ajang balap ini biasanya berlangsung pada akhir Mei dan awal Juni setiap tahun.

The Isle of Man TT

Image: John McGuinness Oleh Agljones,Wikimedia / CC-BY

Balapan Motor Ekstrim (Extreme)

Ekstrimnya balapan ini karena diadakan dijalanan umum, dengan jalanan yang alami melalui jalanan kota, pedesaan dan perbukitan. Balapan Motor ini hanya berlangsung beberapa hari dari selang waktu selama dua minggu, terdiri dari satu minggu untuk latihan dan satu minggu untuk balapan.

Balapan motor ini sangat berbahaya karena pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalanan yang sangat sempit dengan berbagai macam tikungan serta jalur trek yang terkadang diapit oleh pagar, dinding batu dan bangunan.

Benar-benar sangat berbahaya, menantang, adrenalin tingkat tinggi karena pembalap memacu kendaraan hingga mendekati kecepatan puncak 321 km/jam (200mph), membutuhkan tingkat konsentrasi yang luar biasa ditambah keterampilan dan keberanian.

Balapan ini sendiri menarik pesaing dan penonton dari seluruh dunia sehingga membuat kontribusi yang besar terhadap perekonomian pulau itu dan telah menjadi bagian dari identitas Manx.

Ini adalah sirkuit jalanan balap motor tertua yang masih digunakan dengan jarak tempuh sekitar 60,73 km (37,733 mil) di jalur trek Gunung Snaefell yang terdiri dari sejumlah jalanan umum sehingga ditutup ketika balapan berlangsung.

Rekor tercepat lap secara resmi adalah 16 menit 53,929 detik dengan kecepatan rata-rata 215,591 km/jam (133,962 mph) yang diraih oleh Michael Dunlop ditahun 2016 dengan menggunakan mesin BMW S 1000 RR.

Video Balap Motor Isle of Man TT

Video: Balap Motor Extreme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *