7 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

By |Updated: November 10, 2016 4 Comments

Air terjun tertinggi di dunia adalah Angel Falls yang terletak di Negara Venezuela. Efek visual dari air terjun yang paling tinggi di alam ini, dapat membuat suasana yang indah di hati.

Di satu sisi Air Terjun paling tinggi ini mencerminkan kedamaian atau pemandangan alam yang menakjubkan. Ketika kebanyakan orang melihat air terjun, mereka mungkin melihat keindahan atau tempat tenang yang bisa menjadi bagian dari surga, bahkan bisa dikatakan tempat yang romantis.

Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Banyak air terjun paling tinggi di dunia yang belum dikenal, dan itu bukan karena tidak menawan, tetapi sebagian besar karena berada di daerah sangat terpencil atau lokasi yang sulit dicapai. Berikut adalah Daftar Air Terjun Tertinggi di Dunia.

1. Air Terjun Angel Falls, 979 meter, Venezuela

Air Terjun Angel Falls

Image: Air Terjun Angel Falls

Angel Falls adalah Air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian sekitar 979 meter, berada di Venezuela. Angel Falls menawarkan pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat, dan tetesan air terjun utama pada ketinggian 807 meter juga tertinggi di dunia.

Begitu tingginya bahwa sebelum mencapai dasar air terjun dan Sungai kerep, dibawahnya, banyak air menguap atau menjadi kabut halus oleh angin. Terletak di hutan terpencil di Taman Nasional Canaima, semburan air terjun dari tebing di dekat tepi gunung Auyantepui, menjatuhkan air dari tepi, kemudian mengalir menuruni lereng curam sebelum menjatuhkan yang lain hingga 30 meter.

angel falls waterfall

Image: angel falls waterfall

2. Air terjun Tugela Falls, 948 meter, Afrika Selatan

Air terjun Tugela

Image: Air terjun Tugela

Tugela Falls diperkirakan merupakan air terjun tertinggi kedua di planet ini, terletak di Afrika Selatan, Tugela Falls memilki ketinggian total sekitar 948 meter dalam serangkaian beberapa tingkatan/lompatan air. Pemandangan spektakuler yang mudah dilihat setelah hujan lebat, atau ketika air terjun seperti berkilau dari pantulan sinar matahari sore. Dicapai melalui jalan yang menakjubkan pula. Ada situs kamp berkembang dan pondok gunung tepat di atas air terjun.

3. Air Terjun Yumbilla, 895 meter, di Wilayah Hutan Amazon, Peru

Air Terjun Yumbilla

Image: Air Terjun Yumbilla by Fregopie CC BY-SA / Flickr / Wikimedia

Air Terjun Yumbilla terdapat di Cuispes Peru, Wilayah Amazon. Air terjun ini merupakan tertinggi kelima di dunia terletak di kedalaman hutan yang luar biasa. Air terjun berjenjang ini memiliki 4 sampai 5 tetesan, ini berarti bahwa jumlah penurunannya dibagi menjadi empat langkah yang berbeda.

Ketinggian air terjun telah diukur oleh Peru National Geographic Institute, menggunakan peralatan laser. Tepi atas dari air terjun terletak di ketinggian sekitar 2.723 meter di atas permukaan laut, sedangkan tetapi bagian bawah sekitar 1.828 meter di atas permukaan laut. Tingginya air terjun ini sekitar 895 meter, yaitu hampir 3 kali lebih tinggi Menara Eiffel, Paris Perancis .

Hampir setiap bulan terdapat hujan disini. Iklim yang terdapat di wilayah hutan ini terdiri dari musim hujan dan kering, sehingga cuaca disini hangat dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu antara 10 sampai 25 derajat Celcius.

4. Air terjun Ramnefjellsfossen, 818 meter, Norwegia

Air terjun Ramnefjellsfossen

Image: Air terjun Ramnefjellsfossen

Ramnefjellsfossen – secara tradisional dikenal sebagai Utigardsfossen – merupakan air terjun yang luar biasa, tenang tapi indah terletak di Danau Lovatnet, Norwegia. Ketinggian total sekitar 818 meter (2.685 kaki) yang dibentuk oleh beberapa lompatan air cascades. Sekitar 599 m (1968 ft) yang dibentuk oleh bagian curam yang jatuh, sisanya dibuat oleh cascades bawah bagian utama. Berasal dari gletser Jostedal yang luas, wilayah terbesar di Eropa.

5. Air terjun Gocta Cataracts, 771 meter, Peru

Air terjun Gocta Cataracts

Image: Air Terjun Gocta Cataracts by Elemaki CC BY-SA / Wikimedia

Pemandangan menakjubkan dari Air Terjun Gocta Cataracts, Peru. Gocta Cataracts adalah air terjun dengan beberapa tingkatan yang jatuh dengan ketinggian sekitar 771 meter lurus ke bawah ke Sungai Cocahuayco. Dikenal selama berabad-abad oleh penduduk lokal provinsi di wilayah Chachapoyas Amazonas Peru. Keberadaannya muncul sebagai pengetahuan umum dunia yang lebih luas ketika ditemukan oleh Jerman Stefan Ziemendorff. Aliran air terjun Gocta dapat sangat kuat ketika volume air yang penuh, dan dapat dilihat dari berbagai kilometer jauhnya.

6. Air Terjun Kjelfossen, 755 meter, Norwegia

Air Terjun Kjelfossen

Image: Air terjun Kjelfossen by Alfred Diem CC BY / Wikimedia

Air Terjun Kjelfossen merupakan salah satu air terjun tertinggi di Norwegia. Air terjun ini terletak dekat desa Gudvangen di wilayah Aurland di Sogn og Fjordane. Dengan total ketinggian air yang jatuh dari sekitar 755 meter, air terjun tercatat sebagai air terjun tertinggi ke-18 di dunia. Namun ketinggian air terjun belum diukur secara akurat, sehingga ada perbedaan dengan tinggi yang sebenarnya, beberapa sumber daftar mencatat sekitar 840 meter.

7. Air terjun Yosemite Falls, 739 meter, California Amerika

Air terjun Yosemite

Image: Air terjun Yosemite

Yosemite Falls adalah air terjun tertinggi yang diukur di Amerika Utara. Terletak di Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada of California. Air Terjun tersebut adalah daya tarik utama di taman nasional ini, terutama di akhir musim semi ketika aliran air pada puncaknya. Dengan ketinggian total sekitar 739 m (2.425 kaki).

4 Komentar: 7 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *